Motor Juga Harus Tetap Rajin Dirawat Walaupun Sedang WFH (Work from Home)

Pandemi virus corona membuat orang terpaksa work from home (WFH) atau mengurangi kegiatan di luar rumah. Alhasil, motor kesayangan yang biasanya dipakai setiap hari jadi harus diistirahatkan beberapa saat. Jika hal ini yang terjadi, maka pengendara harus tetap memperhatikan beberapa komponen motor yang jika didiamkan tidak terpakai dalam jangka waktu lama justru akan mengganggu kinerja motor.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kondisi motor agar tetap prima walaupun tidak digunakan dalam jangka waktu lama:

1.   Pastikan motor selalu dalam keadaan yang bersih. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari timbulnya karat atau adanya kotoran yang masuk ke dalam komponen penting pada motor.

2.       Beri pelumas pada bagian motor yang cenderung berpotensi menimbulkan karat, seperti rantai roda.

3.       Isi tangki bensin sampai penuh atau justru benar-benar kuras sampai kering. Hal ini bertujuan karena bensin pada tangki motor akan menguap dan menimbulkan korosi apabila mesin jarang dihidupkan.

4.       Mencabut aki motor juga bisa menjadi alternatif untuk menjaga agar aki tidak cepat soak karena walaupun motor lama tidak digunakan tapi akinya masih terpasang, aliran listri dari aki akan terus mengalir.

5.       Jika motor memiliki kick starter, gunakan kick starter tersebut untuk menyalakan mesin pertama kali karena biasanya oli akan mengendap jika motor sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama sehingga akan membuat mesin motor jadi sedikit sulit dinyalakan.

6.       Panaskan mesin secara rutin setiap hari kurang lebih selama 3- 4 menit atau sampai suhu kerja motor kira-kira antara 80 – 100 derajat Celsius. Tujuan pemanasan mesin ini agar sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai.

Dengan melakukan hal-hal di atas, diharapkan walaupun jarang digunakan, performa motor akan tetap terjaga. Selagi memiliki banyak waktu di rumah, mungkin ini saat yang tepat bagi para penggemar modifikasi motor untuk menggunakan waktu dengan mencoba mengutak-atik sendiri komponen motor yang dirasa sudah tidak optimal. Tentu saja, mengganti komponen motor harus dengan yang berkualitas tinggi seperti produk-produk dari KTC KYTACO. Karena kualitas produknya yang tinggi, tentu masa penggunaannya pun jadi lebih panjang. Sehingga jika dikalkulasi, menggunakan produk KTC KYTACO justru akan jadi lebih ekonomis dibandingkan brand lainnya.

Mendapatkan produk KTC KYTACO kini jadi lebih mudah karena KTC KYTACO telah hadir di berbagai kanal penjualan online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Tunggu apa lagi? #belanjadirumahaja.

 

Sumber:

https://www.beritasatu.com/otomotif/614851-5-tips-merawat-motor-saat-jarang-dipakai-karena-wfh

https://www.autos.id/tips/motor-sudah-lama-tidak-dipakai-karena-wfh-lakukan-5-cara-ini-supaya-kondisi-motor-awet/